Prakarya-ku

Prakarya buatku adalah sarana ngabisin waktu senggang. Akhir-akhir ini aku memang lagi hobi bikin prakarya, terutama setelah guru tata busana ngasih tugas bikin handycraft dari flanel dan perca. Walau tugas sudah ditumpuk, melihat banyak flanel sisa di rumah tentunya bikin tanganku gatel dan pengen bikin lagi.

Sejauh ini aku udah lupa berapa banyak yang aku buat, mulai dari yang iseng trus nggak jadi, sampek yang jadi bagus banget terus aku kasihin ke temen. Kalau lagi bikin kerajinan, biasanya lupa waktu. Walau awalnya emang males banget buat mulai, tapi sekalinya start tanggung banget kalau nggak marathon sampek finish.

Yang udah aku buat dan ada fotonya sih, tempat hp, boneka owl, tempat tissue, gantungan kunci, boneka bantal. Emang sih nggak bagus-bagus banget, tapi kalau diinget itu cuma iseng dan ngerjainnya dengan bahan seadanya + otodidak pula, itu udah bagus menurutku, hehe...


ini 2 buah tempat pensil dari flanel


tempat pensil dan wadah HP karyaku ini kuhadiahkan pada 2 sepupuku


gantungan kunci flanel berbentuk logo blogger.com kuhadiahkan pada Ibu


bantal dari kain + flanel utk hadiah ultah Ibuku


tempat tissue utk eyang putriku


tempat tissue utk budheku


tempat tissue untuk dipake sendiri di rumah

Cara membuatnya sih gampang. Biasanya kalau udah dapet ide mau bikin apa, aku langsung bayangin gimana kira-kira cara membuatnya. Trus yang paling penting adalah berapa lama nyisihin uang saku biar bisa beli bahan.

Nah, aku mau kasih tau "how to make" salah satunya aja ya? Boneka owl aja deh. Gini nih caraku membuatnya....

1. Cari kain perca polos dan bermotif.
2. Sisihkan kain perca polos berbagai warna untuk dibuat bentuk dasar burung hantu, mata, kacamata, dan paruh
3. kain perca berbagai motif dibentuk kepala, badan, dan sayap
4. Potong motif tersebut.
5. Tempelkan motif kepala, badan, sayap, mata, kacamata, dan paruh ke potongan perca polos dasar menggunakan tusuk flanel
6. Jahit kain dasar yang sudah ditempeli motif dan yg polos, sisakan sedikit untuk memasukkan dacron
7. Masukkan dacron,dan jahit lubang yang tersisa.

Etapi hasil jadi boneka owl yang dari kain perca ini belum ada... dan bonekanya sudah aku kasih ke orang. Hehehe... Kalau yang dari flanel seperti foto di bawah ini... tapi ini cara buatnya lebih simpel lagi (^_^)


ini boneka kodok yang dari flanel buat tugas prakarya sekolah (jadi hiasan tempat spidol)

Gampang kan? Sebenernya aku suka bikinnya, tapi karena nggak dapet ide jadinya aku cari foto di internet terus copy paste deh, jadi maaf aja kalau searching di internet ada yg mirip, hehe ._.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HaRi yaNg mEnyeNangKan

JaWabaN TeKa-tEki

#FUNFACT LM Psikologi 5