PPSMB UGM 2018

     Sebagai mahasiswa baru tentunya ada serangkaian kegiatan OSPEK yang harus diikuti. Rangkaian kegiatan ospek di UGM bernama PPSMB yaitu Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru. PPSMB sendiri berlangsung selama 6 hari dan terdiri dari 3 kegiatan, yaitu PPSMB di tingkat universitas, PPSMB di tingkat fakultas, dan PPSMB soft skill
     Satu minggu sebelum Ospek dimulai, bayang-bayang tentang Ospek yang menyeramkan, kakak tingkat yang galak, tugas yang tidak masuk akal, dan lain sebagainya membuatku gelisah. Belum lagi tugas Ospek yang seolah tidak akan pernah selesai saking banyaknya seolah ingin memberitahuku betapa beratnya tugas yang akan aku dapat di dunia perkuliahan nanti.

     Tidak lama setelah pengumuman SBMPTN resmi diumumkan, pihak UGM telah meng-upload materi, tugas, dan ketentuan yang harus dipersiapkan sebelum ospek. Aku yang masih merasa sangat bangga karena bisa diterima di kampus impian dan fakultas impian tentu dengan senang hati mengerjakan tugas-tugas bahkan menghafalkan lagu-lagu berikut koreo yang diberikan. Peralatan dan persiapan untuk ospek juga sudah jauh-jauh hari aku persiapkan. Sampai tidak terasa hari-hari PPSMB sudah di depan mata.
     Sebelum rangkaian PPSMB pada hari Sabtu sebelumnya ada acara pembukaan. Ayah mengantarku berangkat ke UGM dari rumah Bude. Rasa senang, bangga, haru, gelisah, dan takut bercampur jadi satu. Aku masih setengah percaya bisa menjadi satu dari 9.125 mahasiswa terpilih yang bisa melanjutan pendidikannya di UGM. Tapi aku juga tidak menyangkal bahwa aku sangat takut mengenai ospek yang akan diberikan. 

(Diantar ayah dongs)
(Ternyata ayah masih ngikutin aku dan fotoin pas kegiatan)

     Hari pertama dan kedua merupakan PPSMB PALAPA, yaitu PPSMB di tingkat universitas. Aku masuk ke kelompok Sutrisno Hadi 6 berisi 45 mahasiswa baru yang dipandu oleh dua Cofas yaitu Kak Grace dari Psikologi dan Kak Mone dari FEB. Gugusku mendapat tempat di Fakultas Psikologi, menyesuaikan nama gugusku yang diambil dari salah satu tokoh di Psikologi. Bapak Sutrisno Hadi sendiri ternyata dosen ibuku saat dulu kuliah di Fakultas Psikologi UGM. 
     Ternyata PPSMB PALAPA ini sangat jauh dari bayangan ospek menyeramkan yang selama ini selalu menghantuiku. Selama dua hari kami diberi materi-materi yang sangat berguna dalam dunia perkuliahan, seperti sejarah UGM, sarana dan prasarana yang bisa kita manfaatkan, program unggulan di UGM, bagaimana cara beretika yang baik dengan dosen, dan lain sebagainya. Kak Grace dan Kak Mone juga sangat baik, mereka bisa membuat suasana kelas selalu hangat dan ramai, dan bisa membuat kami satu kelas yang terdiri dari banyak fakultas banyak daerah bisa merasa sangat dekat. 
     Tidak ada marah-marah, justru kami sangat senang karena kegiatannya dibuat seru dengan banyak game dan ice breaking. Selain itu kami semua juga mendapat snack dan makan siang yang benar-benar enak dan memenuhi aspek 4 sehat 5 sempurna. Bagiku yang merupakan maba, rangkaian kegiatan selama dua hari ini benar-benar luar biasa
.
 (Foto dengan teman-teman gugus di depan gedung psikologi)
(Foto dengan teman-teman di kelas)

     Hari ketiga dan keempat merupakan PPSMB PRK, yaitu PPSMB di tingkat fakultas. Untuk yang ini namanya berbeda-beda di setiap fakultas. Di fakultasku, Fakultas Psikologi, namanya adalah PRK, yaitu Psikologi Rumah Kita. Aku masuk kelompok Awang Faroek Ishak berisi 10 mahasiswa baru yang dipandu oleh seorang pemandu yaitu Kak Sasha. 
     Kegiatan di PPSMB PRK ini tidak kalah menyenangkannya dengan PPSMB PALAPA. Meskipun tidak seheboh PPSMB PALAPA dengan ice breaking yang sangat beragam, tapi di PPSMB PRK inilah aku mendapat ilmu mengenai Psikologi, seperti bagaimana kegiatan perkuliahannya, apa saja kegiatannya, bagaimana cara membaca jurnal dan mengutip sitasi sesuai kaidah American Psychological Association (APA), dan lain-lain. 
     Tetap tidak ada adegan marah-marah di sini. Konsumsi yang didapat pun sama enaknya. Pemandu dan teman-teman yang gak kalah asiknya. Rangkaian acara yang sangat bermanfaat bagi perkuliahanku di Fakultas Psikologi ke depannya. Benar-benar kegiatan yang menyenangkan dan berat bagiku meninggalkan teman-teman baru untuk berpisah di hari selanjutnya.

 (Foto dengan teman-teman gugus) 
(Puzzle yang kami susun ternyata saat dibalik membentuk logo Trisula)

     Kenapa harus berpisah?? Karena pada hari kelima dan keenam merupakan PPSMB Soft Skill dan kita semua kembali ke gugus awal. Meskipun sempat galau tapi begitu bertemu lagi dengan teman-teman Sutrisno Hadi kegalauanku musnah seketika berganti dengan tawa bahagia bergurau bersama teman-teman. Tidak bisa dipungkiri, teman-teman di gugus universitas lebih mengasyikan karena berasal dari berbagai fakultas yang tentunya memiliki karakteristik masing-masing, pola pikir masing-masing, dan idealisme masing-masing. Enam hari berlalu dan rangkaian PPSMB ditutup dengan membentuk formasi. Formasi itu dibentuk menggunakan caping yang dioper dari belakang ke depan. Ada juga pola yang tersusun dari balok yang kami bawa dan dari origami.

 (Foto saman temen-temen gugus setelah bikin formasi)
(Ini formasi dan pola yang dibentuk, sengaja banget pilih SSan biar bisa 3in1 wkwk)

     Begitu rangkaian PPSMB berakhir, dan menyadari kenyataan bahwa minggu depannya sudah mulai kuliah, aku galau. Galau karena kehidupan kuliah yang banyak tugas sudah akan dimulai, padahal selama PPSMB berlangsung kami tidak mendapat tugas rumah sehingga bisa tidur nyenyak jam delapan malam. Galau karena mulai sekarang harus mencari makan sendiri karena selama PPSMB mengandalkan catering sarapan dari asrama, makan siang di fakultas, dan merasa tidak perlu untuk makan malam. Kegalauan yang sebenarnya lebih karena saya mager :))

(Contoh menu sarapan)

     Setelah ini aku bertekad menjadi mahasiswa yang baik. Kuliah supaya mendapat nilai bagus. Berorganisasi untuk memperluas pertemanan. Dan ikut dalam berbagai kegiatan. Mungkin kalian tidak asing dengan istilah kupu-kupu, kura-kura, dan kunang-kunang. Aku tidak ingin menjadi mahasiswa yang setiap hari KUliah PUlang - KUliah PUlang, atau menjadi mahasiswa yang KUliah RApat - KUliah RApat, ataupun mahasiswa yang KUliah NANGkring - KUliah NANGkring, karena aku ingin menjadi KETIGANYA!!! Hahahah!!
     Buat temen-temen baruku, kalian semua luar biasa, semangat kuliahnya, ayok sukses bareng! Buat Kak Grace, Kak Mone, dan Kak Sasha, makasih banyak atas bimbingannya, kalian semua keren dan aku yakin kalian bisa lebih hebat lagi, semangat! Dan buat semua pihak yang ikut berperan menyiapkan PPSMB ini aku apresiasi sebesar-besarnya walaupun gaada pesawat :') Aku salut banget acaranya luar biasa keren, kalian semua TOP BGT deh!!
     Doakan aku juga ya semua semoga kuliahku lancar, aamiin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HaRi yaNg mEnyeNangKan

JaWabaN TeKa-tEki

#FUNFACT LM Psikologi 5