Upgrading LM

     Upgrading LM ini adalah kegiatan yang diadakan satu kali setiap periode kepengurusan. Upgrading kali ini dilakukan tanggal 31 Agustus 2019 dengan mengundang dua pembicara yaitu mantan ketua BEM Fakultas Teknik UGM dan satu lagi adalah dosen muda di Fakultas Psikologi UGM. Selain itu juga mengundang Optima untuk melakukan training.
     Acara dimulai pukul 07.30 diawali dengan ice breaking dan membentuk urutan duduk sesuai urutan tanggal lahir. Acara selanjutnya adalah materi tentang Hubungan Intepersonal dan Hubungan Profesional yang dibawakan oleh Mas Iqbal. Intinya adalah hubungan interpersonal merupakan hubungan yang mementingkan orientasi sosial sedangkan hubungan profesional adalah hubungan dalam organisasi yang mengesampingkan urusan pribadi. Dalam setiap organisai dibutuhkan penguasaan kedua jenis hubungan ini.
     Materi kedua adalah tentang komunikasi efektif yang disampaikan oleh salah satu dosen di Psikologi UGM yaitu Mbak Adelia Khrisna Putri. Aku sangat suka di materi ini karena aku merasa bahwa aku memang sedang perlu materi ini. Ada beberapa poin yang disampaikan dosen yang sempat aku catat. 

Cara komunikasi efektif :
1. Pastikan kalian mengetahui pesan yang ingin disampaikan
    Set intention. Tentukan impresi seperti apa yang ingin kalian bangun, dan kalian ingin dipandang seperti apa oleh pendengar.
2. Kenali bagaimana cara terbaik melakukannya
    Observe. Kenali siapa yang diajak bicara, kenali posisi kalian dengan lawan bicara, kenali kepribadian lawan bicara, pahami budaya dan latar belakang lawan bicara, kenali juga apakah dia introvert / ekstrovert karena itu juga mempengaruhi bagaimana kalian akan memposisikan diri, kenali speaking style lawan bicara, kenali situasi / kondisi orang tersebut karena dapat mempengaruhi respon dia juga, kenali seperti apa situasi diri sendiri. Jangan lupa beri apresiasi pada setiap tanggapan / jawaban yang muncul dan jangan langsung membantah bila tidak sesuai. Dont let your brain run away with your heart.

Cara menghandle orang dengan karakter yang sulit :
1. Be Kind, for everyone you meet is fighting a battle you know nothing about it. Kita ga pernah benar-benar tau posisi atau situasi apa yang sedang dialami seseorang. Tetap tunjukan empati, jangan langsung menjudge. Coba dekati perlahan, buat dia terbuka, bantu selesaikan masalahnya jika bisa, dan ajak dia kembali bekerja sama.
2. Kalau memang dia sulit diajak kerjasama, berarti kita tidak bisa mengontrol orang tersebut namun kita bisa mengontrol respon kita terhadapnya. Bisa jadi ada suatu sebab dia tidak mau bekerja sama, dan jangan jadikan satu orang yang sulit itu membuat kita menjadi malas juga. Jangan biarkan efek domino itu berlanjut.

Cara menjadi pendengar yang baik :
1. Receive. Terima dulu opini mereka.
2. Appreciate. Pastikan kalian di posisi hear and now, yaitu kalian benar-benar berada disana dan mendengarkannya (bukan hanya berada disana tapi pikiran kalian ada di tempat lain). Bila yang dia katakan bisa diapresiasi, apresiasilah dan buat dia merasa dihargai.
3. Summarise. Ucapkan kembali apa yang mereka ucapkan sebagai bukti bahwa kalian mendengarkan.
4. Ask. Tanyakan bila ada yang kalian rasa kurang jelas.

     Pay attention to the message, not the person. Jangan terlalu merisaukan cara dia mengucapkan, intonasi yang dia gunakan, atau siapa yang mengatakannya. Pahami makna informasi yang dia sampaikan. Terkadang kita hanya mau mendengar ucapan atau saran dari orang yang kita suka saja dan mengabaikan yang kita tidak suka, padahal bisa jadi yang dia ucapkan bermanfaat untuk diri kita.

Itu rangkuman isi materi yang aku dengar dan masih aku ingat.
     Acara selanjutnya disebut outbound. Semacam game-game yang melatih kekompakan, kebersamaan, hubungan profesional, komunikasi efektif, dll. Ada game melewati tali rafia yang dibuat menyerupai jaring laba-laba, game memindakan sedotan, game mengisi air di gelas melalui spons basah yang di estafetkan melalui kaki dan bikin basah, game yang bikin kami semua mandi tepung, dan game terakhir adalah game mengambil bola yang disebar di sekitar kami padahal kami harus melingkar dan menjepit balon dengan setiap orang di depan dan belakang. 
     Selesai game kami semua kembali ke aula, mengisi post test, mendapat makan siang, dan mendapat rapor dari PSDM. Benar-benar menyenangkan. Dan aku tidak merasa rugi menukar hari Sabtu ku yang bisa aku pakai untuk tidur seharian dengan kegiatan ini. Makasih banyak buat panitia yang udah nyusun acara inii! I like it!

     Karena gaada foto bareng-bareng, aku kasih fotoku seadanya aja ya wkwk. Yang jelas bukan foto cuntiq karena di foto ini korsa dan kerudungku yang navy sudah berubah jadi denim dan celanaku basahh! Tanganku juga dicoret-coret biru karena kelompokku kalah di lomba estafet air :(

(pose pamer coretan kekalahan di tangan)

(ini candid sih tapi lucu jadi aku suka wkwk)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HaRi yaNg mEnyeNangKan

JaWabaN TeKa-tEki

#FUNFACT LM Psikologi 5